Jumat, 20 April 2018

Cara Membuat Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasiyang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krillkecap ikan,bawang putihjahe dan bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam."
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

  • Sawi putih 3 buah
  • Wortel 3 buah, potong kecil-kecil
  • Lobak 1 buah, kupas lalu potong kecil
  • Daun bawang 7 tangkai, potong kecil
  • Garam dapur 250 gr
Pasta Kimchi
  • Tepung beras 65 gr
  • Air putih 750 ml
  • Cabe bubuk 300 gr
  • Kecap ikan atau saus 250 ml
  • Gula pasir 125 gr
  • Bawang bombay besar 1 butir, iris halus
  • Bawang putih 70 gr, ulek halus
  • Jahe 1 sdm, iris halus
Langkah Membuat Kimchi 
  1. Bersihkan sawi dengan cara mencucinya, tiriskan.
  2. Taburi setiap helai sawi yang sudah dicuci bersih dengan secukupnya garam sampai merata. Sedangkan untuk bagian dangkal atau pangkal sawinya diberi taburan garam yang cukup banyak.
  3. Sediakan wadah berukuran besar dan simpan sawi yang telah ditaburi garam tadi pada wadah tersebut. Gunakan wadah yang terbuat dari bahan yang tidak bereaksi terhadap garam seperti baskom plastik dan lain sebagainya. Diamkan sawi dalam wadahnya hingga 2 jam lamanya.
  4. Secara berangsur sawi yang ditaburi garam dan didiamkan tersebut akan mulai berair serta fisik sawinya pun akan lebih menciut dan beda dari sebelumnya. Jika sudah seperti itu maka kimchi telah setengah jadi.
  5. Ambil sawi yang sudah didiamkan 2 jam lamanya dalam wadah lalu siram dengan air mengalir sampai bersih sampai taburan garam yang masih menempel terbawa air. Sisihkan.
  6. Berikutnya membuat pasta kimci dengan cara melarutkan tepung beras dalam air, aduk merata hingga menjadi adonan kental.
  7. Masak adonan pasta kimchi sampai mendidih lalu beri tambahan gula pasir. Aduk merata sampai larut. Angkat dan diamkan sampai dingin.
  8. Tuanga hasil masakan adonan pasta kimchi yang telah dingin ke dalam wadah baskom, kemudian campurkan dengan cabe bubuk dan aduk merata. Gunakan spatula saat pengadukan dan jangan menggunakan tangan agar tidak terasa terbakar nantinya. Setelah itu tambahkan kembali adonannya dengan bawang putih, bawang bombay, jahe dan kecap ikan. Aduk merata.
  9. Ambil potongan wortel, lobak dan bawang daun lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk lagi sampai merata.
  10. Lapisi tangan dengan sarung plastik lalu lumuri setiap lembar sawi dengan pasta kimchi sampai merata.
  11. Simpan sawi yang telah diberi lumuran pasta kimchi ke dalam toples berukuran besar dan tutup. Diamkan hingga 2 hari lamanya. Ini adalah tahap fermentasi untuk menghasilkan kuliner kimchi ala korea.
  12. Setelah menunggu 2 hari lamanya baru kimchinya siap disantap.
Agar proses fermentasi kimchi berhasil, pastikan untuk tidak membuka tutup toples saat proses fermentasi sedang berlangsung. Sekian resep kimchi ala koreanya, silahkan dicoba dan semoga berhasil.

cr ; Wikipédia & resepcaramasak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar